Makanan Yang DIANJURKAN Saat Hamil Muda

Makanan Yang DIANJURKAN Saat Hamil Muda

Diposting oleh Ten Fingers on Saturday, November 30, 2013

Makanan Yang DIANJURKAN Saat Hamil Muda - Ibu-ibu hamil sekarang lebih banyak mengkonsumsi susu ibu hamil agar bayi yang dilahirkan nanti sehat. Bahkan ada sebuah merk tertentu yang bilang bahwa jika seorang ibu hamil mengkonsumsi susu tersebut nanti bayinya akan menjadi pintar dan atraktif alias cerdas.

Susu saja tidak cukup untuk membuat bayi yang dilahirkan menjadi sesuai yang ibunya inginkan. Jenis makanan yang baik untuk ibu hamil apalagi hamil muda sangat perlu untuk diketahui.

Berikut ini ada beberapa makanan yang baik dan dianjurkan untuk ibu atau wanita yang sedang hamil muda. Makanan dibawah ini bisa anda konsumsi setiap hari asal jangan terlalu over.

Makanan sehat untuk ibu hamil muda yang pertama adalah beras merah atau coklat. Mengapa bukan beras putih? Alasannya adalah karbohidrat pada beras merah cukup kompleks sehingga jauh lebih baik jika dibandingkan dengan beras putih.

Selain itu, beras merah juga mengandung serat sehingga akan sangat baik untuk mengurangi gejala sembelit yang biasanya muncul pada ibu di awal kehamilan.

Makanan yang banyak mengandung serat juga sangat baik atau sehat untuk ibu hamil muda.  Contoh makanan tersebut adalah brokoli dan kacang merah. Kedua makanan ini dikenal sebagai sumber zat besi non heme iron.

Wanita yang sedang hamil muda sangat rentan kekurangan darah. Jika dibiarkan akan membuat calon ibu susah untuk beraktifitas secara normal. Karena itu, mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat besi adalah mutlak.

Selain dari tumbuhan, zat besi juga bisa diperoleh dari daging merah yang biasa dikenal dengan istilah heme iron. Selain dari makanan, ibu hamil juga bisa memperoleh pasokan zat besi dari suplemen yang direkomendasikan oleh dokter kandungan.

Pada prinsipnya, makanan sehat, baik dan dianjurkan untuk ibu hamil muda sebaiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah ataupun setengah matang sebab makanan yang kurang dimasak berpotensi menyimpan bakteri dan mikroba lainnya yang sangat berbahaya bagi janin yang masih sensitive terhadap segala gangguan.

 Jadi sebaiknya olah makanan sampai matang betul. Kecuali buah, ia jauh lebih baik dikonsumsi dalam keadaan segar. Untuk sayur, sebaiknya ibu yang sedang hamil muda menghindari sayur mentah dan setengah matang sebab bisa membuat gejala kembung di awal kehamilan semakin menjadi-jadi. 

Masih banyak lagi makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Jika ibu hamil sering mengkonsumsi makanan sehat maka bayi yang dikandungnya juga akan sehat. Selain makanan sebenarnya masih ada cara lain agar bayi yang dikandung nantinya akan lahir secara normal dan sehat.

Selain memenuhi kebutuhan zat besi, ibu yang sedang dalam kondisi hamil muda juga diharapkan banyak mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki kadar vitamin C yang tinggi. Buah yang baik misalnya jeruk, papaya, strawberry, anggur dan lain-lain.

Vitamin C sangat berperan dalam membantu proses penyerapat zat besi di dalam tubuh Anda. Jadi, percuma mengkonsumsi zat besi yang banyak jika penyerapannya kurang maksimal.

Jika anda wanita yang sedang hamil muda maka sering-seringlah menghubungi dokter kandungan dan sering cek kandungan anda untuk mengetahui tumbuh kembang janin. Jangan lupa untuk mengkonsumsi Makanan Yang DIANJURKAN Saat Hamil Muda seperti yang dijelaskan diatas.

{ 0 komentar... read them below or add one }